Apa itu PBN?

PBN dalam istilah internet marketing terutama SEO adalah singkatan dari private blog network. Fungsi dari PBN ini sebagai website atau blog pendukung dari website atau domain utama.

kenapa Harus PBN?

Dalam search engine optimization atau optimasi website melalui SEO terdapat istilah niche (tema website) serta kata kunci (keyword). Niche bisnis dan keyword tersebut ada yang persaingan biasa saja dan ada juga yang memiliki persaingan ketat dan cukup berat.
Agar website utama dari bisnis siap dalam persaingan tersebut, dibutuhkan partner bisnis atau dengan cara memulai mengoptimalkan private blog netword ini.

Apakah PBN Berbahaya?

Dalam rules Google dan statemen mengenai optimasi SEO, mereka sangat melarang teknik manipulasi dengan tujuan ranking website. Jadi semua teknik yang tujuannya hanya untuk manipulasi Google saja adalah sangat tidak dianjurkan. hal ini otomatis semua aspek bukan hanya PBN saja tapi termasuk juga seperti paid link building seperti blog placement ataupun advertorial di website berita dan lainnya.
Semua teknik optimasi SEO jika dilakukan dengan benar maka masih aman dan tidak menyalahi TOS Google, termasuk PBN ini. Tapi PBN yang seperti apa dulu? begitu juga dengan blog placement yang seperti apa dulu?
Jika menggunakan jasa PBN yang ada kebanyakan, seperti ada beberapa anggotanya dengan bayaran tertentu setiap bulannya, cukup beresiko jika menggunakan jasa seperti ini.
kami bukan mengatakan jasa PBN seperti diatas tidak baik, tapi sangat beresiko jika terlibat didalamnya. Kenapa beresiko? karena Anda tidak bisa mengontrol anggota lain dalam melakukan backlink di PBN tersebut atau backlink ke website apa saja, jangan-jangan ke situs berbahaya atau melanggar kebijakan publik.
PBN yang baik dan benar adalah, blog network yang dijaga kesehatan websitenya. Ini juga berlaku dengan blogger blogger untuk placement yah
Idealnya PBN atau blog untuk placement yang sehat adalah sebagai berikut:
1. Memiliki perbandingan artikel post minimal 1:3. Apa itu perbandingan 1:3? Yaitu jika sudah melakukan posting dan ada eksternal link (backlink ke web luar) maka sebaiknya 3 artikel berikutnya adalah artikel kosongan (publish artikel baru tanpa ada eksternal link) atau lebih bagus lagi internal link ke artikel serupa dalam satu blog PBN itu.
2.Konten selalu updated dan terawat. PBN harus selalu updated dan terawat layaknya seperti website utama. Jangan lupa dengan faktor minimal skala 1:3 diatas. Jadi jangan sampai setiap ada posting baru selalu melakukan eksternal link keluar, efeknya mudah sekali dianggap spam oleh Google.
3. Dioptimasi. Halaman homepage dan artikel juga di optimasi atau diberikan backlink untuk menutupi kebocoran eksternal link tadi.

Kenapa istilah PBN sangat buruk bagi beberapa "pelaku SEO"

Kami tidak menyalahkan mereka yang menganggap PBN adalah teknik sampah atau buruk, tapi karena dari pelaku penjual jasa PBN itu sendirilah yang mengakibatkan hal ini terjadi.
Faktor-faktor seperti yang dijelaskan diatas sering Kita jumpai, sehingga nama PBN sebenarnya kena imbasnya. Tapi disisi lain, praktisi SEO sangat salah jika langsung mengambil kesimpulan.

Apakah Blog Placement Lebih Baik dari PBN?

Lalu jika dibandingkan PBN dengan blog placement, apakah placement ini lebih baik? Tidak juga. Blog placement sama bahayanya jika salah strategy, bahkan lebih sampah atau buruk dari PBN. Kenapa?
Blogger placement semakin kesini semakin sangat buruk, banyak blogger yang hanya mengejar bisnis placement saja memanfaatkan boomingnya jasa blog placement tersebut.
Memanfaatkan brief advertiser yang hanya mengandalkan DA PA, padahal DA PA bukanlah dari Google. Sehingga blogger berlomba-lomba membeli expired domain yang otomatis sudah memiliki domain authority tinggi. Tidak peduli domain bekas situs apa, nama domainnya apa dan lainnya. Serta updated blognya hanya jika ada placement saja dan ini berarti selalu ada link keluar setiap posting.

Jasa PBN Seperti apa dari Seojakarta.net?

Kami tidak menyediakan jasa private blog network yang sudah jadi atau dengan keanggotan. PBN management Seojakarta.net adalah membuatkan PBN baru, maintenance (manage) dan mengoptimasinya sehingga meningkatkan authority domain PBN tersebut. Nama domain serta hostingpun akan kami diskusikan dengan calon pelanggan.
Jika klien sudah memiliki PBN sendiri, maka Kami akan memanage, updated konten (dari Kami) serta optimasinya. melakukan audit dan pembenahan SEO On-Page dari PBN itu juga.
Tertarik dengan Jasa PBN management Seojakarta.net?
Hubungi Kami !