Jasa SEO profesional di Jakarta memberikan layanan seo bergaransi, harga murah & terbaik memakai metode white hat


Monday, February 6, 2017

Kesalahan yang Sering dilakukan Seorang Growth Hacker

Bicara tentang growth hacking tentu rekan semua sudah pada tahu dan mengerti betul akan hal itu, apalagi bagi seorang Growth Hacker. Ada banyak definisi dari para Growth hacker dunia yang pada intinya adalah memacu pertumbuhan bisnis dengan cepat tapi juga untuk jangka panjang, efisiensi waktu, budget, inovasi dan riset atau base on data.

Sekarang ini istilah growth hacking makin terkenal dan ramai diperbincangkan, namun menurut saya growth hacking sudah lama diterapkan oleh perusahaan sejak dulu seperti facebook dengan register yang simple (edit kemudian) dan meskipun close akun tapi masih bisa login jika mau, google dengan tampilan sederhananya dll atau melalui cara mengakuisisi beberapa perusahaan sebagai jaringan penopang bisnis utama atau bahkan oleh perusahaan tradisional lebih lama lagi.

Dari poin-poin tentang definisi growth hacking tersebut kebanyakan kesalahan dari seorang growth hacker yaitu hanya berfokus pada efisiensi budget, menghemat budget seminimal mungkin dengan hasil semaksimal mungkin (lah ini mah memang sudah jadi dasar prinsip ekonomi sejak dulu keleus).

Yup budget yang jadi prioritas mereka, padahal yang harus jadi perhatian utama adalah skala prioritas. Jika memang budget terbatas, harus mulai memilah skala prioritas. Mana yang harus didahulukan dan mana yang tidak. Harus ada planing mana untuk jangka pendek dan mana untuk jangka panjang.

growth hack


Para pebisnis luar sana selalu memikirkan strategy jangka panjang (long term), dan jika memang sudah matang perencanaan dan strategy nya maka mereka tidak ragu lagi untuk mengeluarkan budget lebih. Jadi mereka tidak berusaha memotong pengeluaran bahkan menambah pengeluaran demi kecepatan pertumbuhan (growth) dan demi hasil jangka panjang sukses.

Kenapa google tidak berani mematikan blogger.com ? Yup, blogger inilah asal muasal google bisa boom melejit bak roket. Melalui blogger google memberikan kemudahan bagi yang ingin memiliki blog dengan mudah, membiasakan orang memberikan informasi, mencari duit online melalui display network mereka. google berani mengeluarkan budget demi target jangka panjang. Google mungkin terlihat bodoh dengan menggratiskan blogger begitu lama, sama dengan dengan wordpress tapi disinilah hack itu terjadi.

Justru hal sebaliknya dilakukan oleh yahoo, mereka menutup layanan geocities nya, mungkin yahoo benar-benar berhasil menekan pengeluaran-nya dengan mematikan geocities. Jadi yahoo kalah strategy jangka panjang dengan google.

Jadi jika seorang Growth hacker sudah terlalu fokus pada menekan pengeluaran tanpa mempertimbangkan hal lain terutama disisi efisiensi waktu harus mulai waspada. Karena tujuan utama dari Growth hacking adalah tumbuh dengan cepat untuk jangka panjang meskipun pengeluaran budget sedikit bertambah karena produk, bisnis berpacu dengan waktu dan kompetitor siap menanti.

Bisa kebayang jika Anda berusaha menghemat budget yang mungkin tidak seberapa bagi perusahaan Anda namun efek pengerjaan-nya bisa berpuluh-puluh kali lipat lebih lama, tentu ini sangat fatal. Bisa kebayang jika seorang pebisnis yang menguasai semua bidang demi menghemat budget masih memilih mengerjakan pekerjaan sendiri ketimbang hire orang atau freelance padahal efisiensi waktu untuk produksi dan pertumbuhan lebih cepat jadi terbengkalai.
Judul : Kesalahan yang Sering dilakukan Seorang Growth Hacker
Peringkat : 7/10. 264 voting. 197 pengguna.